Macaroni Schotel jagung

Macaroni Schotel

Sejarah

Dibawa oleh belanda ke indonesia pada pertengahan abad ke-19, awalnya hanya ibu-ibu rumah tangga belanda yang membuat macaroni schotel ini. Pasalnya resep macaroni schotel mudah ditemukan dibuku-buku masak yang beredar pada masa itu sehingga cukup mudah untuk membuat dan mempraktekan.

hidangan ini tidak bernama macaroni schotel awalnya. Di eropa hidangan ini bernama macaroni casserole. Keduanya mrupakan hidangan yang sama hanya berbeda nama saja. Orang indonesia kemudian menyebutnya macaroni casserole menjadi macaroni schotel karena mengambil nama pinggang atau wadah yang digunakan untuk memanggang macaroni itu.
Macaroni schotel awalnya tak dipraktekan oleh orang pribumi karena bahan-bahanya dianggap terlalu mahal. Selain itu orang pribumi tidak terlalu familiar dengan mengkonsumsi olahan gandum.
namun seiring berjalanya waktu orang pribumi banyak yang kemudian mewarisinresep dari warisannmasakan kolonial. Macaroni schotel ini mulai banyak dimasak oleh ibu rumah tangga pribumi dari kalangan elite.
mereka biasanya menjadikan macaroni schotel sebagai hidangan istimewa di lingkungan keluarga menengah atas pada masa kolonial. Namun setelah kemerdekaan Indonesia pun macaroni schotel semakin lumrah dijadikan sebagai hidangan istimewa ketika ada momen tertentu dirumah dirumah tangga ataupun acara pesta.

Hal yang harus kamu perhatikan saat memasak macaroni schotel.

  1. apa saja detail-detail yang perlu diperhatikan tersebut ? Yuk simak penjelasanya.
    Pilih jenis pasta yang sesuai, pasta dibuat untuk menjadi bermacam-macam benguk bukan tanpa alasan. Untuk membuat sebuah makanan bersaus tdebal seperti macaroni schotel, kamu perlu menggunakan jenis pasta yang melengkung dengan bagian tengah berlubang seperti elbow macaroni, chiferi rigate, rigatoni, atau macaroni shells agar sausnya berteksture kental yang anda msukan dapat terjebak didalamnya.
  2. Hindari merebus pasta hingga al dente, jika biasanya anda harus merebus pasta hinga aldente maka kali ini aturan sedikit berbeda. Angkat rebusan pasta saat kematangannya belum begitu sempurna sekitar 2-3 menit karena setelahnya pasta akan masak ke dalam panggangan. Kamu tidak mau macaroni schotel kamu menjadi lembek karena terlalu masak, bukan ?
  3. Masukan keju kedalam saus saat api sudah dimatikan, macaroni schotel identik dengan saus bechamel yaitu saus putih yang sangat kental dan creamy. Untuk membuatnya anda perlu memanaskan butter yang kemudian dicampur dengan tepung terigu, saus cair, beserta sedikit garam dan lada bubuk. Setelah itu masak sampai konsistenya tepat, giliran parutan keju cheddar masukan ke dalam adonan saus cair.
  4. Campurkan keju dengan rasa yang seimbang, ada keju yang rasa asinya kuat dan ada pula keju yang rasa asinya lembut. Saat kamu membuat macaroni schotel, sebaiknya kamu mengkombinasikan dua jenis keju tersebutuntuk mencapai keseimbangan rasa maksimal.
  5. Biarkan suhunya menurun sebelum dipotong, setelah dipanggang selema sesuai dengan resep keluarkan macaroni panggang dari dalam oven lalu diamkan dulu selama beberapa saat. Selain untuk menurunkan suhunya, makanan juga memerlukan waktu untuk membuat seluruh isian, saus, beserta bumbu-bumbu didalamnya menyerap dan menjadi satu kesatuan yang sempurna.

    Resep Schotel 

Yang suka schotel jagung mana ? Nah aku kasih resep salah satu resep macaroni schotel yaitu schotel jagung yang super enak buat kalian coba dirumah, jajanan pasar schotel jagung ini berbahan dasar jagung dan tentu sangat mudah kamu dapat dipasar. Nah bagaimana membuat macaroni schotel jagung ini ? Yuk resepin aja !

Bahan macaroni Schotel jagung :
  1. Jagung manis 200 gr
  2. Daging sapi giling 100 gr
  3. Kacang polong 100 gr
  4. Keju batang 50 gr
  5. Telur 3 butir
  6. Saus tomat 3 sdm
  7. Wortel 1 buah
  8. Kaldu sapi 250 ml
  9. Garam secukupnya
  10. Merica secukupnya
  11. Pala bubuk secukupnya
  12. Saos sambal secukupnya
  13. Tepung terigu 50 gr
  14. Mentega 50 gr
  15. Bawang bombay ½ buah
Cara membuat macaroni schotel jagung :
  1. Roux : tumis bawang bombay diatas margarin panas, kemudian campur dengan tepung terigu.
  2. Masukkan kaldu ke dalam roux sampai mendidih.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam cairan kaldu dan bahan yang terakhir dimasukkan adalah telur.
  4. Semua bahan diaduk sampai rata kemudian masukkan ke pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin.
  5. Panggang adonan selama 20-25 menit dan tusuk dengan lidi untuk mengetahui tingkat kematangannya.
  6. Potong-potong sesuai selera dan hidangkan hangat-hangat.
  7. Dapat juga dicetak menggunakan loyang-loyang alumunium foil kecil.

daiatas adalah resep yang bisa kamu buat untuk membuat macaroni schotel, Schotel jagung sudah bisa kalian coba dirumah, untuk hasil maksimal pastikan kamu perhatikan cara membutanya yah, yuk coba langsung schotel jagung nya !

Lapis Trio

Memebahas jajanan pasar memang nggk ada habisnya, sekarang aku kasih resep buat kamu jajanan pasar lagi yaitu lapis trio yang cocok untuk dijadikan snek, jajanan pasar yaitu lapis trio ini cara membuatnya tidak susah kok, hanya perlu membagi 3 lapisan untuk diberi warna supaya terlihat berlapis ketika ditumpuk sesuai dengan namanya lapis trio.

Bahan lapis trio  :

  1. 300 gr tepung terigu
  2. 300 gr gula pasir
  3. 5 btr telur ayam
  4. 250 ml santan kental
  5. 1sdt ovalet
  6. Pewarna makanan secukupnya
  7. ½ sdt garam

Cara membuat lapis trio :

  1. Kocok gula pasir dan telur sampai setengah naik, tambahkan ovalet lanjutkan mengocok sampai putih dan mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu bergantian dengan santan kental, sedikit demi sedikit. Aduk dengan mixer kecepatan rendah.
  3. Bagilah adonan menjadi 3 bagian, satu bagian diberi warna putih, bagian kedua diberi warma merah muda dan bagian ketiga diberi warna hijau muda, aduk rata.
  4. Tuang satu bagian (adonan warna putih) kedalam loyang ukuran 22 x 22 x 8cm (dialasi dengan plastik, olesi mentega dan taburi dengan tepung terigu), kukus selama 10 menit.
  5. Ulangi langkah 5 pada cairan warna merah dan hijau muda secara berurutan. Terakhir kukus selama 30 menit.
  6. Angkat dan  dinginkan, lalu potong menjadi 30 buah.

Nah sangat mudah bukan bikin lapis trionya ? Kalian bisa langsung coba lapis trio dirumah dan disajikan acara arisan, rapat dan acara yang lainya, yuk respin aja !

Lapis Legit

Lapis tepung beras past namanya masih jarang kamu dengar pasti ? Nah ini sebenarnya orang pada nyebutnya lapis legit, lapis legit salah satu olahan khas jawa yang bisa kamu temukan di pusat jajanan pasar, berbahan dasar tepung beras lapis tepung beras atau lapis legit punya warna yang bertumpuk jadi terlihat sangat bagus dan berwarna. Yuk masakin aja lapis tepung beras atau lapis legit nya.

Bahan lapis tepung beras

  1. Tepung beras 125 gr
  2. Tepung kanji 100 gr
  3. Gula pasir 225 gr
  4. Santan kental 625 ml
  5. Pewarna secukupnya
  6. Garam ½ sdt
  7. Vanili ¼ sdt
  8. Daun pandan 1 lembar

Cara membuat lapis tepung beras

  1. Didihkan santan dengan gula pasir, daun pandan, garam dan vanili hingga mendidih. Aduk jangan sampai santan pecah, diamkan hingga dingin.
  2. Tambahkan tepung beras, kanji kedalam santan sambil terus diaduk. Aduk terus jangan sampai berbutir dan kalis. (Santan masuk kedalam tepung agar tidak berbutir / bahan cair masuk ke bahan padat).
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing beri warna sesuai selera.
  4. Siapkan loyang 7 x 7 x 15 cm, olesi dulu dengan minyak lali beri lapisan plastik diatasnya yang rapi, panaskan dalam langseng.
  5. Jika sudah mendidih masukkan adonan secara bergantian, adonan hijau masukkan lalu tutup sebentar sampai warnanya bening, tambahkan adonan warna merah secara berselang-seling, tambahkan adonan putih hingga adonan penuh. Terakhir kukus selama 25 menit (perhatian : jangan terlalu lama saat memberikan lapisan per lapisan karena lapisan bisa tidak melekat dan kalau terlalu cepat adonan akan tercampur.
  6. Jika sudah matang, keluarkan dari langseng, dinginkan baru keluarkan dari cetakan. Sajikan dengan dipotong sekitar tebal 1 cm memendek dan dibungkus dengan plastik tebal 0,8 mm.

Lapis tepung beras atau lapis legit sangat jelas udah aku jelasin resep dan cara membuatnya, memang untuk membuat lapis tepung beras atau lapis legit perlu lebih teliti tapi hasilnya sangat bagus lho, yuk cobaik dan masakin aja ! Lapis tepung beras atau lapis legit bisa kalian praktekan dirumah.

Sentiling

Belum banyak yang tahu pasti dengan sentiling, tapi sering di temui dibeberapa jajanan pasar lho, cara membuat sentiling sederhana lho dan dengan bahan lokal yaitu sentiling juga bisa jadi sajian acara-acara tradisional kebudayaan didaerah kamu, yuk resepin aja !

Bahan sentiling :

  1. Singkong parut 500 gr
  2. Gula pasir 250 gr
  3. Kelapa tua ¼ butir
  4. Garam ¼ sdt
  5. Air 200 ml
  6. Vanili ¼ sdt
  7. Pewarna merah, hijau dan kuning secukupnya
  8. Daun pandan 1 lembar
  9. Agar-agar putih 1 bungkus

Cara membuat sentiling :

  1. Buat agar-agar dan biarkan sampai suam-suam kuku.
  2. Campur parutan singkong, garam, gula, vanili dan agar-agar. Bagi adonan menjadi tiga bagian.
  3. Beri pewarna makanan merah, hijau dan kuning pada masing-masing adonan.
  4. Sediakan tiga loyang, alasi dengan daun pisang, kemudian masukkan masing-masing adonan yang sudah diwarna.
  5. Kukus adonan kurang lebih 30 menit sampai matang, lalu angkat dan dinginkan.
  6. Keluarkan sentiling dari dalam loyang, dan potong-potong bentuk cube.
  7. Gulingkan potongan sentiling pada parutan kelapa yang sudah dikukus secara merata, kemudian hidangkan dengan mika plastik dan dialasi dengan daun pisang.

Nah, mudah bukan membuat sentiling ? Bahan dasar singkong bisa jadi masakan yang enak, tetap perhatikan cara membuat sentiling dengan baik untuk hasil sentiling yang maksimal, yuk resepin aja !

Onde-onde kacang hijau

Onde-onde  jajanan nusantara, ini khas banget lho pasti sering kamu temukan dibeberapa kota di Indonesia, ada onde-onde yang biasanya diisi dengan kacang hijau ada juga diganti dengan onde-onde isi kumbu, onde-onde isi keju atau bahkan onde-onde isi coklat untuk menambah daya tarik pembeli, bagaimana cara membuatnya, yuk resepin aja !

Bahan onde-onde

NAMA BAHAN JUMLAH PERLAKUAN
    SATUAN UKURAN
1. Tepung ketan 250 gr
2. Tepung kanji 50 gr
3. Gula halus 75 gr
4. Garam ¼ Sdt
5. Air kapur sirih 1 sdm Disaring
6. Air hangat 200 ml
7. Wijen 100 gr
8. Minyak goreng sckp
9. Kacang hijau 250 gr Kupas kulit, rendam 1-2 jam
10. Gula halus 175 gr
11. Garam sckp
12. Vanili sckp

Cara membuat onde-onde​:

  1. Kukus kacang hijau yang sudah direndam sampai lunak.
  2. Haluskan kacang hijau sampai lembut. Kemudian masak diatas api.
  3. Tambahkan garam, gula halus dan vanili kemudian dimasak api kecil sampai kalis.
  4. Jika sudah dingin, bagi menjadi 20 buah, bentuk bulat lonjong.
  5. Kumbu kacang hijau siap digunakan.

Kulit onde onde

  1. Campur tepung ketan,tepung kanji, gula halus, air kapur sirih, dan sedikit garam.
  2. Tuangkan air hangat uleni sampai kalis ( adonan mudah dibentuk ), ambil adonan secukupnya ( bagi menjadi 10 – 15 buah ), pipihkan kemudian isi dengan kumbu kacang hijau yang sudah dibentuk bulat. Diusahakan ketebalannya sama.
  3. Bulatkan adonan onde-onde lalu gulingkan diatas wijen sampai merata ( bisa dicelup air sebentar sebelum diberi wijen ).
  4. Goreng dalam minyak banyak dan panas dengan api kecil. Jika sudah kuning kecoklatan angkat dan keluarkan, biarkan dingin.

Mudah bukan ? Perhatikan cara membuat onde-onde dengan baik pasti hasilnya bisa maksimal, setelah bisa selanjutnya kamu bisa ganti isian kacang hijua dengan beberapa bahan yang lian yang kalian suka, keju, coklata atuapun isin yang lainya.