Macaroni Schotel jagung

Macaroni Schotel

Sejarah

Dibawa oleh belanda ke indonesia pada pertengahan abad ke-19, awalnya hanya ibu-ibu rumah tangga belanda yang membuat macaroni schotel ini. Pasalnya resep macaroni schotel mudah ditemukan dibuku-buku masak yang beredar pada masa itu sehingga cukup mudah untuk membuat dan mempraktekan.

hidangan ini tidak bernama macaroni schotel awalnya. Di eropa hidangan ini bernama macaroni casserole. Keduanya mrupakan hidangan yang sama hanya berbeda nama saja. Orang indonesia kemudian menyebutnya macaroni casserole menjadi macaroni schotel karena mengambil nama pinggang atau wadah yang digunakan untuk memanggang macaroni itu.
Macaroni schotel awalnya tak dipraktekan oleh orang pribumi karena bahan-bahanya dianggap terlalu mahal. Selain itu orang pribumi tidak terlalu familiar dengan mengkonsumsi olahan gandum.
namun seiring berjalanya waktu orang pribumi banyak yang kemudian mewarisinresep dari warisannmasakan kolonial. Macaroni schotel ini mulai banyak dimasak oleh ibu rumah tangga pribumi dari kalangan elite.
mereka biasanya menjadikan macaroni schotel sebagai hidangan istimewa di lingkungan keluarga menengah atas pada masa kolonial. Namun setelah kemerdekaan Indonesia pun macaroni schotel semakin lumrah dijadikan sebagai hidangan istimewa ketika ada momen tertentu dirumah dirumah tangga ataupun acara pesta.

Hal yang harus kamu perhatikan saat memasak macaroni schotel.

  1. apa saja detail-detail yang perlu diperhatikan tersebut ? Yuk simak penjelasanya.
    Pilih jenis pasta yang sesuai, pasta dibuat untuk menjadi bermacam-macam benguk bukan tanpa alasan. Untuk membuat sebuah makanan bersaus tdebal seperti macaroni schotel, kamu perlu menggunakan jenis pasta yang melengkung dengan bagian tengah berlubang seperti elbow macaroni, chiferi rigate, rigatoni, atau macaroni shells agar sausnya berteksture kental yang anda msukan dapat terjebak didalamnya.
  2. Hindari merebus pasta hingga al dente, jika biasanya anda harus merebus pasta hinga aldente maka kali ini aturan sedikit berbeda. Angkat rebusan pasta saat kematangannya belum begitu sempurna sekitar 2-3 menit karena setelahnya pasta akan masak ke dalam panggangan. Kamu tidak mau macaroni schotel kamu menjadi lembek karena terlalu masak, bukan ?
  3. Masukan keju kedalam saus saat api sudah dimatikan, macaroni schotel identik dengan saus bechamel yaitu saus putih yang sangat kental dan creamy. Untuk membuatnya anda perlu memanaskan butter yang kemudian dicampur dengan tepung terigu, saus cair, beserta sedikit garam dan lada bubuk. Setelah itu masak sampai konsistenya tepat, giliran parutan keju cheddar masukan ke dalam adonan saus cair.
  4. Campurkan keju dengan rasa yang seimbang, ada keju yang rasa asinya kuat dan ada pula keju yang rasa asinya lembut. Saat kamu membuat macaroni schotel, sebaiknya kamu mengkombinasikan dua jenis keju tersebutuntuk mencapai keseimbangan rasa maksimal.
  5. Biarkan suhunya menurun sebelum dipotong, setelah dipanggang selema sesuai dengan resep keluarkan macaroni panggang dari dalam oven lalu diamkan dulu selama beberapa saat. Selain untuk menurunkan suhunya, makanan juga memerlukan waktu untuk membuat seluruh isian, saus, beserta bumbu-bumbu didalamnya menyerap dan menjadi satu kesatuan yang sempurna.

    Resep Schotel 

Yang suka schotel jagung mana ? Nah aku kasih resep salah satu resep macaroni schotel yaitu schotel jagung yang super enak buat kalian coba dirumah, jajanan pasar schotel jagung ini berbahan dasar jagung dan tentu sangat mudah kamu dapat dipasar. Nah bagaimana membuat macaroni schotel jagung ini ? Yuk resepin aja !

Bahan macaroni Schotel jagung :
  1. Jagung manis 200 gr
  2. Daging sapi giling 100 gr
  3. Kacang polong 100 gr
  4. Keju batang 50 gr
  5. Telur 3 butir
  6. Saus tomat 3 sdm
  7. Wortel 1 buah
  8. Kaldu sapi 250 ml
  9. Garam secukupnya
  10. Merica secukupnya
  11. Pala bubuk secukupnya
  12. Saos sambal secukupnya
  13. Tepung terigu 50 gr
  14. Mentega 50 gr
  15. Bawang bombay ½ buah
Cara membuat macaroni schotel jagung :
  1. Roux : tumis bawang bombay diatas margarin panas, kemudian campur dengan tepung terigu.
  2. Masukkan kaldu ke dalam roux sampai mendidih.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam cairan kaldu dan bahan yang terakhir dimasukkan adalah telur.
  4. Semua bahan diaduk sampai rata kemudian masukkan ke pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin.
  5. Panggang adonan selama 20-25 menit dan tusuk dengan lidi untuk mengetahui tingkat kematangannya.
  6. Potong-potong sesuai selera dan hidangkan hangat-hangat.
  7. Dapat juga dicetak menggunakan loyang-loyang alumunium foil kecil.

daiatas adalah resep yang bisa kamu buat untuk membuat macaroni schotel, Schotel jagung sudah bisa kalian coba dirumah, untuk hasil maksimal pastikan kamu perhatikan cara membutanya yah, yuk coba langsung schotel jagung nya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *